Minggu, 12 Februari 2017

lirik lagu "layang - layang" - Kafin Sulthan

okay
kali ini aku mau sekedar ngasih informasi dikit tentang lagu lawas yang  baru - baru ini
menarik perhatian ku (uhuy.. ya kalee gua artis, "informasi" gua ini perlu lo tau wkwkw)
yang judulnya "layang layang"  yang dinyanyiin oleh Grace Simon, Ciptaan: Ismail Marzuki.

Tapi yang buat gue sendiri tiba- tiba kepo sama lagu ini bukan hanya karena liriknya yg
simple namun dalem makna nya buat gua (cieh) tapi juga karena talenta dan
karisma seseorang anak  meng'cover' lagu ini kembali dengan  aliran ala ala jazz yg cukup
keren (plus  menawan) banget. dia lah.. Kafin Sulthan.!!
(hehe, maaf gua cuma mampuh segitu aja buat kata-kata sambutannya)

ohya langsung aja cekidot ini Kafin Sulthan - Layang layang

Layang-layangku putus talinya
Terbang melayang tinggi di awan
Kemanakah gerangan kau hilang
Lenyap di balik kabut nan suram.

Samar-samar wajahnya terbayang
Hanya dibuai hati nan bimbang
Namun ku tetap menanti saying
Walau kau jauh tinggi melayang.

Rabu, 11 Januari 2017

Teori simpul TUBERCULOSIS


Simpul 1
Sumber Penyakit
Sumber penyakit adalah titik yang secara konstan mengeluarkan agent penyakit. Agent penyakit itu sendiri adalah komponen lingkungan yang dapat menimbulkangangguan penyakit melalui kontak secaralangsung ataupun melalui media perantara (yang juga komponen lingkungan).
Pada penyakit Tuberculosis, sumber penyakitnya yaitu penderita TB Paru. Dan agent penyebab penyakit TB Berasal dari anggota keluarga Mycrobacterium yaitu Mycrobacterium tuberculocis. Mycobacterium Tuberculosis adalah sejenis kuman berbentuk batang, berukuran panjang 1-4 mm dengan tebal 0,3-0,6 mm. Sebagian besar komponen M.Tuberculosis adalah berupa lemak/lipid sehingga kuman mampu tahan terhadap asam serta tahan terhadap zat kimia dan faktor fisik. Mikroorganisme ini adalah bersifat aerob yakni menyukai daerah yang banyak oksigen. Oleh karena itu M. Tuberculosis senang tinggal di daerah apeks paru-paru yang kandungan oksigennya tinggi. Daerah tersebut menjadi tempat yang kondusif untuk penyakit tuberkulosis.
Kuman ini mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan, oleh karena itu disebut pula sebagai Basil Tahan Asam (BTA), kuman TB cepat mati dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup beberapa jam ditempat yang gelap dan lembab.


Simpul 2
Media TransmisiPenyakit
Media transmisi tidak akan memiliki potensi penyakit kalau didalamnya tidak mengandung bibit penyakit atau agent penyakit. Penyakit dalam lingkungan dapat menyebar melalui perantara udara, air, tanah/pangan, binatang/serangga, dan manusia/langsung.
Media transmisi penyakit Tuberculosis adalah melalui udara, yang dipengaruhi oleh factor risiko lingkungan;  kepadatan hunian, pencahayaan, ventilasi, kelembaban, kondisi rumah, suhu & ketinggian wilayah.
  1. Pencahayaan
Kurangnya cahaya yang masuk kedalam ruangan  rumah, terutama cahaya matahari merupakan media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit. Sinar matahari langsung dapat langsung mematikan bakteri TB paru dalam 5 menit
  1. Ventilasi
Kurangnya ventilasi selain menyebabkan kurangnya oksigen dapat pula menyebabkan kelembaban udara didalam ruangan naik karena proses penguapan cairan dari kulit. Kelembaban ini merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri bakteri pantogen/ bakteri penyebab penyakit, misalnya kuman TB. Dengan adanya ventilasi yang cukup dapat menjaga kelembaban yang optimum dan dapat pula membebaskan udara dari bakteri bakteri.
  1. Kelembaban
Kuman TB paru akan cepat mati bila terkena sinar matahari langsung tetapi dapat ertahan hidup selama beberapa jam ditempat gelap dan lembab


Simpul 3
Perilaku Pemajanan (Behavioural Exposure)
Perilaku pemajanan adalah kontak antara manusia dengan komponen lingkungan yang mengandung potensi bahaya penyakit.Agent penyakit masuk ke dalam tubuh melalui satu proses “hubungan interaktif”. Hubungan interaktifini terjadi antara komponen lingkungan dengan perilaku penduduk dalam konsep yang disebut perilaku pemajanan.
Penyakit Tuberculosis dapat ditularkan oleh penderita TB  melalui pengeluaran sputum (riak/dahak) yang mengandung kuman TB ke lingkungan udara sebagai aerosol ( partikel yang sangat kecil).
Dengan cara batuk dan bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan dahak). Droplet yang mengandung kuman dapat bertahan hidup di udara pada suhu kamar selama beberapa jam. Dalam kesempatan inilah kuman TB dapat masuk ketubuh orang lain ketika seseorang menghirup udara yang mengandung kuman TB. Melalui saluran pernafasan dari hidung sampai menuju paru-paru tepatnya alveoli. Pada alveoli kuman TB mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan yang akan mengakibatkan destruksi paru. Bagian paru yang telah rusak ini akan berupa jaringan sel sel mati olehkarenanya akan di upayakan oleh paru paru untuk dikeluarkan dengan reflek batuk. oleh karena itu pada umumnya batuk karena TB adalah produktif, artinya berdahak. Yang mengandung zat kekuning kuningan dengan banyak hasil TB didalamnya.


Simpul 4
Kejadian Penyakit
Penyakit merupakan “out come” hubungan interaktif antara penduduk denganlingkungan yang memiliki potensi bahayagangguan kesehatan.Penyakit dapat menyebabkan kelainan bentuk, kelainan fungsi, kelainan genetik, sebagai hasilinteraksi dengan lingkungan fisik dan social.
Simpul 4 akan membahas terjadinya penyakit pada tubuh pasien dimana dapat mencakup 2 kemungkinan yaitu pasien dapat sakit atau tidak. Pada penyakit TBC, pasien yang tidak sakit akan terjadi bila daya tahan tubuh pasien kuat, sedangkan pasien yang memiliki daya tahan tubuh kurang akan mengalami sakit yang terjadi setelah pasien menghirup aerosol mengandung kuman TB .
Berikut merupakan tanda-tanda atau gejala penyakit Tuberkulosis (TB) .
  • Gejala utama
Gejala klinis yang penting dari TB dan sering digunakan untuk menegakkan diagnosis klinik adalah batuk terus menerus selama 3 (tiga) minggu atau lebih yang disertai dengan keluarnya sputum dan berkurangnya berat badan.
  • Gejala tambahan
    Gejala tambahan yang sering dijumpai, yaitu:dahak bercampur darah,batuk darah,sesak nafas dan rasa nyeri dada,badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, rasa kurang enak badan (malaise), berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang lebih dari sebulan.

Kamis, 08 Desember 2016

Selasa, 17 November 2015

5 Level of Prevention (menurut Leavel and Clark) & 4 Faktor yang Mempengaruhi Derajat Kesehatan Masyarakat (menurut Blum)

5 Level of Prevention (menurut Leavel and Clark)


Menurut Leavel and Clark, pencegahan penyakit terbagi dalam 5 tahapan, yang sering disebut 5 level of prevention.
Adapun five level of prevention tersebut adalah sebagai berikut:

1. Health Promotion (Promosi Kesehatan)
2. Spesific Protection (Perlindungan Khusus)
3. Early Diagnosis and Prompt Treatment (Diagnosis Dini dan Pengobatan yang Cepat dan Tepat)
4. Disability Limitation (Pembatasan Kecacatan)
5. Rehabilitation (Rehabilitasi)

1. Health Promotion (Promosi Kesehatan) 
Promosi kesehatan merupakan ujung tombak dari 5 tingkat pencegahan penyakit. Promosi kesehatan adalah tahapan yang pertama dan utama dalam hal mencegah penyakit. Singkatnya perlu ada persamaan persepsi bahwa yang namanya promosi kesehatan adalah proses memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat agar masyarakat mau dan mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Dalam hal ini pemberdayaan masyarakat harus lebih kental, masyarakat harus lebih berpartisipasi aktif. Tujuan akhirnya adalah agar masyarakat berubah perilakunya, dari perilaku yang tidak baik menjadi baik. Nah, dalam memaukan masyarakat tersebutlah, maka dipakai yang namanya pendidikan kesehatan. Sedangkan dalam memampukan masyarakat, dilakukan intervensi lingkungan. Pendidikan kesehatan yang dapat ditempuh ada banyak, bisa melalui penyuluhan, konseling, konsultasi, dan lain-lain. Adapun intervensi lingkungan adalah dengan mendesain lingkungan sedemikian rupa agar masyarakat dapat terbantu hidup sehat. Contohnya lewat regulasi yang berlaku, lewat organisasi, lewat UU, dan lain-lain. Jadi, ruang lingkup promosi kesehatan itu sangat luas, tidak terbatas hanya pada pendidikan kesehatan saja.

2. Specific Protection (Perlindungan Khusus)
Perlindungan khusus yang dimaksud dalam tahapan ini adalah perlindungan yang diberikan kepada orang-orang atau kelompok yang beresiko terkena suatu penyakit tertentu. Perlindungan tersebut dimaksudkan agar\ kelompok yang beresiko tersebut dapat bertahan dari serangan penyakit yang mengincarnya. Oleh karena demikian, perlindngan khusus ini juga dapat disebut kekebalan buatan. Contohnya adalah imunisasi yang diberikan kepada bayi dan balita, vaksin kepada jemaah haji, penggunaan APD pada para pekerja, dan lain-lain.

3. Early Diagnosis and Prompt Treatment (Diagnosis Dini dan Pengobatan yang Cepat dan
Tepat)
Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat dan cepat merupakan langkah pertama ketika seseorang telah jatuh sakit. Tentu saja sasarannya adalah orang-orang yang telah jatuh sakit, agar sakit yang dideritanya dapat segera diidentifikasi dan secepatnya pula diberikan pengobatan yang tepat. Tindakan ini dapat mencegah orang yang sudah sakit, agar penyakinya tidak tambah parah. Perlu kita ketahui bahwa faktor yang membuat seseorang dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya bukan hanya dipengaruhi oleh jenis obat yang diminum dan kemampuan si tenaga medisnya. Tetapi juga dipengaruhi oleh kapan pengobatan itu diberikan. Semakin cepat pengobatan diberikan kepada penderita, maka semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat dan cepat dapat mengurangi biaya pengobatan dan dapat mencegah kecacatan yang mungkin timbul jika suatu penyakit dibiarkan tanpa tindakan kuratif.

4. Disability Limitation (Pembatasan Kecacatan)
Kecacatan yang ditakutkan terjadi disebabkan pengobatan kepada penderita tidak sempurna. Adapun pembatasan kecacatan terkesan membiarkan penyakit menyerang dan membuat cacat si penderita, baru kemudian diambil tindakan. Banyak penyakit yang dapat menimbulkan kecacatan dapat dicegah dengan pengobatan yang lebih sempurna. Salah satunya adalah dengan meminum obat yang diberikan oleh dokter sampai habis.

5. Rehabilitation (Rehabilitasi)
Selanjutnya yang terakhir adalah tahapan rehabilitasi. Rehabilitasi merupakan tahapan yang sifatnya pemulihan. Ditujukan pada kelompok masyarakat yang dalam masa penyembuhan sehingga diharapkan agar benar- benar pulih dari sakit sehingga dapat beraktifitas dengan normal kembali. Apalagi kalau suatu penyakit sampai menimbulkan cacat kepada penderitanya, maka tahapan rehabilitasi ini bisa dibilang tahapan yang menentukan hidupnya kedepan akan seperti apa nantinya. Perlu diketahui bahwa dalam tahapan rehabilitasi minimal ada 4 poin yang harus diperhatikan, yakni pemulihan fisiknya, pemulihan mentalnya, pemulihan status sosialnya dalam masyarakat, serta pemulihan estetis.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat 4 faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu:

faktor perilaku, lingkungan, keturunan dan pelayanan kesehatan. 


Dari ke 4 faktor di atas ternyata pengaruh perilaku cukup besar diikuti oleh pengaruh faktor lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan. Ke empat faktor di atas sangat berkaitan dan saling mempengaruhi.


Perilaku
yang sehat akan menunjang meningkatnya derajat kesehatan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya penyakit berbasis perilaku dan gaya hidup. Kebiasaan pola makan yang sehat dapat menghindarkan diri kita dari banyak penyakit, diantaranya penyakit jantung, darah tinggi, stroke, kegemukan, diabetes mellitus dan lain-lain. Perilaku atau kebiasaan mencuci tangan sebelum makan juga dapat menghindarkan kita dari penyakit saluran cerna.

Lingkungan
yang mendukung gaya hidup bersih juga berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dalam kehidupan disekitar kita dapat kita rasakan, daerah yang kumuh dan tidak dirawat biasanya banyak penduduknya yang mengidap penyakit sperti gatal-gatal, infeksi saluran saluran pernafasan, dan infeksi saluran pencernaan. Penyakit Demam Berdarah juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Lingkungan tidak bersih, banyaknya tempat penampungan air yang tidak pernah dibersihkan menyebabkan perkembangkan nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah meningkat. Hal ini menyebabkan penduduk di sekitar memiliki risiko tergigit nyamuk dan tertular
demam berdarah.

Keturunan
Banyak penyakit-penyakit yang dapat dicegah, namun sebagian penyakit tidak dapat dihindari, seprti penyakit akibat dari bawaan atau keturunan. Semakin besar penduduk yang memiliki risiko penyakit bawaan akan semakin sulit upaya meingkatkan derajat kesehatan. Oleh karena itu perlu adanya konseling perkawinan yang baik untuk menghindari penyakit bawaan yang sebenarnya dapat dicegah munculnya.

Fasilitas Kesehatan
Akhir-akhir ini teknologi kesehatan dan kedokteran semakin maju. Teknologi dan kemampuan tenaga ahli harus diarahkan untuk meningkatkan upaya mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Ketersediaan fasilitas dengan mutu pelayanan yang baik akan mempercepat perwujudan derajat kesehatan masyarakat. Dengan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang bermutu secara merata dan terjangkau akan meningkatkan akses masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Ketesediaan fasilitas tentunya harus ditopang dengan tersedianya tenaga kesehatan yang merata dan cukup jumlahnya serta memiliki kompetensi di bidangnya. Saat ini pemerintah telah berusaha memenuhi 3 aspek yang sangat terkait dengan upaya pelayanan kesehatan, yaitu upaya memenuhi ketersediaan tasilitas pelayanan kesehatan dengan membangun Puskesmas, Polindes, Pustu dan jejaring lainnya. Pelayanan rujukan juga ditingkatkan dengan munculnya rumah sakit- rumah sakit baru di setiap kabupaten/kota. Upaya meningkatkan akses masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan secara langsung juga dipermudah dengan adanya program jaminan kesehatan (Jamkesmas) bagi masyarakat kurang mampu. Program ini berjalan secara sinergi dengan program pemerintah laiinya seperti Program bantuan langsung tunai (BLT), Wajib belajar dan lain-lain. Untuk menjamin agar fasilitas pelayanan kesehatan dapat memberi pelayanan yang efektif bagi masyarakat, maka pemerintah melaksanakan program jaga mutu. Untuk pelayanan di rumah sakit program jaga mutu dilakukan dengan melaksanakan akreditasi rumah sakit.


Ke empat faktor yang mempengaruhi kesehatan di atas tidak dapat berdiri sendiri, namun saling berpengaruh. Oleh karena itu upaya pembangunan harus dilaksanakn secara simultan dan saling mendukung. Upaya kesehatan yang dilaksanakan harus bersifat komperhensif, hal ini berarti bahwa upaya kesehatan harus mencakup upaya preventif/promotif, kuratif dan rehabilitatif . Dengan berbagi upaya di atas, diharapkan peran pemerintah sebagai pembuat regulasi , dan pelaksana pembangunan dapat dilaksanakan. Dengan menerapkan pelayanan kesehatan 24 Jam untuk masyarakat dengan penuh ikhlas dan tangggungjawab, diusahakan jangan sampai menghilangkan culture atau budaya bangsa Indonesia dimana mahluk hidup saling membutuhkan satu sama lain.

sumber
andryjufri.tumblr.com/post/60750093213/5-level-of-prevention
https://idahceris.wordpress.com/2012/04/10/faktor-yang-mempengaruhi-kesehatan/#

Kamis, 12 November 2015

my mood booster >> Crazy Little Thing Called Love

okay this time i will not sharing about "tugas kuliah" :D
but i will posting my sountrack musics of MY FAVORITE FILM ^^  eng ing enggg>> A CRAZY LITTLE THING CALLED LOVE.!!
lagu lagu ini nih yg selalu jadi penyemangat kalo lagi males belajar selalu jadi pengingat buat aku kenapa someday aku harus jadi org sukses :)
(kalo boleh di saranin buat teman teman harus di tonton nih) biar udah 5 tahun berlalu sejak film ini di puter gak pernah bosan nonton nih film hahaha
soalnya film nih mood booster buat aku :D

A Little Thing Called Love
By: Wan Thanakrit
Meeting you could have just been an
accident
It might have been a big coincidence It
immediately made me know how love
would be like
I found uncertainty today Kept symptoms in
my heart that I can’t stop
I don’t want to know what’s hidden in my
heart It’s the little things inside the
deepest corners of the heart
I’m keeping it until the day you would
know
It’s a little thing that I call love It’s only
just the kind of love that isn’t a big deal
But my world spins with my heart when I’m
loving you
Because you are… A little thing that I call
love Kept the word love cuz I’m not brave
enough to say it
I want you to know I love you so much
How tomorrow would turn out…my heart is
yours
Verse 2 The things you see might not be a
big deal
Can’t have enough of the inspiration But
deep inside my heart’s looking after you
Want you to look over here and see it
It’s a little thing that I call love It’s only
just the kind of love that isn’t a big deal
But my world spins with my heart when I’m
loving you
Because you are… A little thing that I call
love Kept the word love cuz I’m not brave
enough to say it Want you to know that
love is the the reason why my heart is
yours Tomorrow I’m asking you to be
called as love.

Someday
By: Marissa Sukosol
I don’t know how much longer
That I have to put up with everything
I've been hiding all the truth inside my
heart
Everytime we meet
Everytime you turn face to me
Though I look indiffetent
Do you know how much I have to force my
self?
Can you hear my heart calling for you,
loving you?
But I can’t open my heart for anyone to
know
Can you hear it?
My heart keeps waiting there for you
Waiting for you open it
and hope you will realize
Someday...
Though I love you
Though I feel
but deep down inside, I don’t dare to tell
you
Everytime we meet
Everytime you turn face to me
Though I look indifferent
Do you know how much I have to force
myself?
Can you hear my heart calling for you,
loving you?
But I can’t open my heart for anyone to
know
Can you hear it?
My heart keeps waiting there for you
Waiting for you open it
and hope you will realize
Someday...
Can you hear my heart calling for you,
loving you?
But I can’t open my heart for anyone to
know
Can you hear it?
My heart keeps waiting there for you
Waiting for you open it
And I hope you will realize
That this person loves you
Please I hope you will know
Someday...

Because of the Heart
By: Jieab Wattana
Maybe before
We didn’t understand each other
Why I chose youin my heart
Maybe before
I met a lot of people
But in the end, it’s you that I became a
couple with
Love isn’t just a coincidence
Love connects our minds together
it’s only the heart that knows
Who that person is in your dreams
you are that person I’ve been waiting for
It’s because my heart’s asking
because my heart is crying out
Happened to be yours always
It’s 'cause my heart is never uncertain
It’s like it’s sure that it’s you
No other reasons, just that my heart loves
you Verse 2
One person who’s always beside me
Everytime I’m happy or sad
One person who still understands me
Probably no one else will know me like you

Day Month Year
By: Jeab
Monday, im waiting
Tuesday, im still waiting to see you
to see, see how you’re doing
Wednesday you still don’t come
nothing in the late morning
Thursday is empty
Whether it’s friday saturday or sunday
There isnt a day i dont think of you
There wont be a day when youll come
back to revisit our past
The day i met you
The day we became close
The day we held hands
The day i fell in love with you
The day i confessed it
The day that you heard it
Will it be much longer? I just dont know
Will it be several months or another year?
Of the tens of thousands, countless
memories we shared
I've never not thought of you
January is endless
February is dull
March is also vague
April im restless
May is painful
June is empty
Will it be much longer? I just dont know
Will it be several months or another year?
Of the tens of thousands, countless
memories we shared
I've never not thought of you
Will it be much longer? I just dont know
Of the tens of thousands, countless
memories we shared
I've never not thought of you

Someday I'll Be Good Enough
By: ~
I wanna be good enough to make you feel
confident
But the things that I’ve just general
Coz the truth is you still hesitate
And you not gave your whole heart
I concern that you’ll found someone whom
love you too
So I just wish you to…
Just don’t let to say you love him
Please wait a minute coz one day I’ll good
enough
Please give me a time and it’s not too long
You’re so good of everyone desire
You’re the one that everyone dreaming of
And I’m still seriously to do everything as I
can
To make it good enough as much as I
thought
To be a couple
So I wish you to…
I just want us to love each other
I must make it done in one day
Just don’t let to say you love him and
please waiting for me
I’m still to assure to make us belong
together so I wish you to
(Please wait for me, Can you waiting for
me?)

The Star (Reff)
By: ~
The only star that I always wait to see
everyday
I want it to be the same star that u also
keep an eye on
That only star...

referensi
annisaprimasr.blogspot.com/2013/07/songs-lyrics-from-crazy-little-thing.html?m=1