Teori simpul TUBERCULOSIS


Simpul 1
Sumber Penyakit
Sumber penyakit adalah titik yang secara konstan mengeluarkan agent penyakit. Agent penyakit itu sendiri adalah komponen lingkungan yang dapat menimbulkangangguan penyakit melalui kontak secaralangsung ataupun melalui media perantara (yang juga komponen lingkungan).
Pada penyakit Tuberculosis, sumber penyakitnya yaitu penderita TB Paru. Dan agent penyebab penyakit TB Berasal dari anggota keluarga Mycrobacterium yaitu Mycrobacterium tuberculocis. Mycobacterium Tuberculosis adalah sejenis kuman berbentuk batang, berukuran panjang 1-4 mm dengan tebal 0,3-0,6 mm. Sebagian besar komponen M.Tuberculosis adalah berupa lemak/lipid sehingga kuman mampu tahan terhadap asam serta tahan terhadap zat kimia dan faktor fisik. Mikroorganisme ini adalah bersifat aerob yakni menyukai daerah yang banyak oksigen. Oleh karena itu M. Tuberculosis senang tinggal di daerah apeks paru-paru yang kandungan oksigennya tinggi. Daerah tersebut menjadi tempat yang kondusif untuk penyakit tuberkulosis.
Kuman ini mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan, oleh karena itu disebut pula sebagai Basil Tahan Asam (BTA), kuman TB cepat mati dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup beberapa jam ditempat yang gelap dan lembab.


Simpul 2
Media TransmisiPenyakit
Media transmisi tidak akan memiliki potensi penyakit kalau didalamnya tidak mengandung bibit penyakit atau agent penyakit. Penyakit dalam lingkungan dapat menyebar melalui perantara udara, air, tanah/pangan, binatang/serangga, dan manusia/langsung.
Media transmisi penyakit Tuberculosis adalah melalui udara, yang dipengaruhi oleh factor risiko lingkungan;  kepadatan hunian, pencahayaan, ventilasi, kelembaban, kondisi rumah, suhu & ketinggian wilayah.
  1. Pencahayaan
Kurangnya cahaya yang masuk kedalam ruangan  rumah, terutama cahaya matahari merupakan media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit. Sinar matahari langsung dapat langsung mematikan bakteri TB paru dalam 5 menit
  1. Ventilasi
Kurangnya ventilasi selain menyebabkan kurangnya oksigen dapat pula menyebabkan kelembaban udara didalam ruangan naik karena proses penguapan cairan dari kulit. Kelembaban ini merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri bakteri pantogen/ bakteri penyebab penyakit, misalnya kuman TB. Dengan adanya ventilasi yang cukup dapat menjaga kelembaban yang optimum dan dapat pula membebaskan udara dari bakteri bakteri.
  1. Kelembaban
Kuman TB paru akan cepat mati bila terkena sinar matahari langsung tetapi dapat ertahan hidup selama beberapa jam ditempat gelap dan lembab


Simpul 3
Perilaku Pemajanan (Behavioural Exposure)
Perilaku pemajanan adalah kontak antara manusia dengan komponen lingkungan yang mengandung potensi bahaya penyakit.Agent penyakit masuk ke dalam tubuh melalui satu proses “hubungan interaktif”. Hubungan interaktifini terjadi antara komponen lingkungan dengan perilaku penduduk dalam konsep yang disebut perilaku pemajanan.
Penyakit Tuberculosis dapat ditularkan oleh penderita TB  melalui pengeluaran sputum (riak/dahak) yang mengandung kuman TB ke lingkungan udara sebagai aerosol ( partikel yang sangat kecil).
Dengan cara batuk dan bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan dahak). Droplet yang mengandung kuman dapat bertahan hidup di udara pada suhu kamar selama beberapa jam. Dalam kesempatan inilah kuman TB dapat masuk ketubuh orang lain ketika seseorang menghirup udara yang mengandung kuman TB. Melalui saluran pernafasan dari hidung sampai menuju paru-paru tepatnya alveoli. Pada alveoli kuman TB mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan yang akan mengakibatkan destruksi paru. Bagian paru yang telah rusak ini akan berupa jaringan sel sel mati olehkarenanya akan di upayakan oleh paru paru untuk dikeluarkan dengan reflek batuk. oleh karena itu pada umumnya batuk karena TB adalah produktif, artinya berdahak. Yang mengandung zat kekuning kuningan dengan banyak hasil TB didalamnya.


Simpul 4
Kejadian Penyakit
Penyakit merupakan “out come” hubungan interaktif antara penduduk denganlingkungan yang memiliki potensi bahayagangguan kesehatan.Penyakit dapat menyebabkan kelainan bentuk, kelainan fungsi, kelainan genetik, sebagai hasilinteraksi dengan lingkungan fisik dan social.
Simpul 4 akan membahas terjadinya penyakit pada tubuh pasien dimana dapat mencakup 2 kemungkinan yaitu pasien dapat sakit atau tidak. Pada penyakit TBC, pasien yang tidak sakit akan terjadi bila daya tahan tubuh pasien kuat, sedangkan pasien yang memiliki daya tahan tubuh kurang akan mengalami sakit yang terjadi setelah pasien menghirup aerosol mengandung kuman TB .
Berikut merupakan tanda-tanda atau gejala penyakit Tuberkulosis (TB) .
  • Gejala utama
Gejala klinis yang penting dari TB dan sering digunakan untuk menegakkan diagnosis klinik adalah batuk terus menerus selama 3 (tiga) minggu atau lebih yang disertai dengan keluarnya sputum dan berkurangnya berat badan.
  • Gejala tambahan
    Gejala tambahan yang sering dijumpai, yaitu:dahak bercampur darah,batuk darah,sesak nafas dan rasa nyeri dada,badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, rasa kurang enak badan (malaise), berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang lebih dari sebulan.

Komentar